cari hosting domain

“Apakah Pindah Hosting adalah Solusi?”. Berawal dari menemukan artikel di suatu blog (hasil searching Engine Google) yang memaparkan tentang ketidakpuasan klien (pengguna hosting) terhadap salah satu  Provider web hosting di Indonesia, kami akan mencoba sharingkan  apakah benar  Pindah Hosting adalah satu-satunya Solusi? .

Adalah hal yang lumrah ketika website kita tiba-tiba down, aksesnya lemot atau tidak bisa diakses untuk beberapa waktu, kita sebagai klien lantas kecewa, bahkan bertambah kecewa lagi apabila provider hosting kurang begitu ramah menanggapi keluhan kita. Sehingga membuat kita terpikirkan untuk pindah hosting.

Berikut ini ada beberapa contoh kasus yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan apakah kita perlu pindah hosting, atau apakah pindah hosting adalah solusi utama ketika kita sebagai pemilik website menghadapi keadaan dimana website kita sedang down akses, lemotnya minta ampun ketika mengaksesnya.

  1. Faktor plugin, mungkin perlu kita bertanya pada suatu forum tentang apakah plugin yang kita pakai membebani hosting kita, atau boleh kita searching tentang plugin apa yang membebani website kita. Maka jawabannya mungkin saja anda harus mempertimbangkan lagi penggunaan plugin pada website-website anda, terlebih website dengan plugin yang terpasang pada CMS WordPress.
  2. Website kita down, bisa jadi karena memang ada maintenance atau mungkin karena pengguna hosting yang tanpa disadari telah memberatkan hostingnya bahkan bisa saja ikut terganggu server pada data Centernya.
  3. Bagaimana jika server yang ada di Data Center yang sedang maintenance? Mari kita gambarkan seperti screenshot berikut ini:

hosting domain terpercaya dan murah

Menurut saya pribadi, apabila website kita lagi downtime dan memiliki beberapa kemungkinan penyebab downtime, misal bisa saja karena koneksi internet anda yang lagi down, atau bisa juga pelanggan hosting sendiri yang memberatkan hostingnya karena banyak plugin-plugin yang dipasang memberatkan hosting pelanggan, atau bisa jadi website anda downtime karena pihak hosting sedang melakukan inspeksi mendadak dan menonaktifkan sementara website anda.

Atau apabila maintenance ada di server data center, maka meskipun website anda ada di Provider Hosting A, Provider Hosting B hingga Provider Hosting D ada kemungkinan juga Downtime bareng-bareng. Jadi jika website kita lagi down, dan kita punya keinginkan pindahkan hosting dari provider A hingga provider Hosting D, ya walhasil sama saja website tetap downtime sesuai kondisi server data Center.

Kalau sudah demikian, dan kita tetap ingin pindah hosting? alangkah baiknya memilih server di  data center yang berbeda.

Bagi saya pribadi pindah hosting tidaklah menjadi solusi jika kondisinya demikian. Malahan kita akan mengeluarkan biaya 2x untuk biaya hosting kita. Sebetulnya jika server hosting kita support cloudlinux, dan hosting website kita lagi down  maka tidak akan mempengaruhi website-website yang lain.

Kalau lah Budget kita besar utnuk membiayai hosting, kita akan lebih memilih hosting meskipun mahal biaya sewanya sekalipun namun pelayanan nya sangat baik, admin yang membimbing, admin ramah, dan responsive  dengan keluhan pelanggan.

Jadi Kesimpulan kita  semua webhosting sebetulnya adalah bagus. Karena pada dasarnya provider-provider Hosting di Indonesia atau Internasional kemungkinan memiliki tempat data center yang sama. Yang membedakan adalah pelayanan penyedia hosting kepada klien-kliennya.

Kontak yang harmonis, saling menghargai antara penyedia hosting dengan klien, atau klien dengan penyedia hosting adalah segala-galanya.

Selamat Memilih Hosting, Mohon maaf jika ada kekurangan di pembahasan diatas :-).

Share this post on: