Begini Rasional Biaya Pembuatan Webs

membangun-website-SSD-cloudhosting-Apikhosting (2)

Halo, Semoga tips ini bisa menjadi dasar pemikiran kita sebelum membeli website. Adakalanya penjual jasa website pun terkadang membuat pricelist harga webs terlampau sangat murah dari harga profesional website/developer website.

Developer yang kurang memperhatikan untung rugi padahal sudah banyak sekali sumberdaya yang digunakan hanya untuk merilis sebuah website.

Sudah menyita waktu banyak sampai sampai menelantarkan waktu untuk keluarga. Namun hasil rupiah yang didapat dari merakit sebuah website berminggu minggu tidak sebanding dengan waktu yang terbuang dari seharusnya untuk keluarga, istri cemberut saja..hehe.. Anak nangis karena gak jadi dibeliin mainan.

Dengan beberapa poin dibawah ini, dan mungkin bisa dilengkapi, setidaknya bisa menjadi ide cara menentukan harga jual sebuah website.

Komponen Biaya Web
Apa saja sih komponen-komponen website? Berikut ini komponen komponennnya, mungkin bisa berbeda dengan usaha jasa website lainnya.

Biaya DOmain

  1. Biaya  Domain
    Biaya Domain adalah biaya dibayarkan setiap tahunnya minimal setahun, dan besarnya biaya tergantung dari banyaknya domin yang akan diregistrasikan.
  2. Berikut ini adalah harga domain pada apikhosting.com Domain Internasional: https://apikhosting.com/domaintld/domain-internasional-tld 
  3. Harga Domain Indonesia https://apikhosting.com/domaintld/domain-indonesia

Biaya Web Hosting
Biaya web Hosting adalah biaya yang harus dikeluarkan tiap tahun. Berapa besarnya biaya web hosting ini sangatlah tergantu pada besarnya  kapasitas dan fitur server yang dibutuhkan. Misalkan Anda memerlukan kapasitas sebesar 200 MB untuk website dan 200 MB untuk email, maka Anda perlu memiliki web hosting dengan kapasitas 500Mb. Berikut ini adalah gambaran berapa besarnya biaya web hosting melalui link ini:

Hosting USA (Letaknya di USA)

https://apikhosting.com/hosting-usa-free-domain

Hosting Singapore

Hosting SG Free Domain

Biaya Pembuatan Bangunan Website
Besarnya Biaya yang ditawarkan provider domain hosting itu bergantung pada spesifikasi website yang Anda butuhkan dan lama waktu perancangan websnya. Semua tergantung kebutuhan Anda sesuai anggaran Anda dan kebutuhan webs Anda.

Biaya Pembuatan Content Website
Pembuatan konten webs Atau hanya sekedar memasang konten yang sudah disiapkan pemilik webs, ini harus ada jasanya. Jasa pembuatan konten ataupun jasa pemasangan konten website.

Komponen ini kurang diperhatikan, seringkali ada permasalahan antara pemilik webs dengan developer ya karena kurang memperhatikan ini. Developer seyogyanya tidak menggratiskan begiu saja untuk beberapa kali pemasangan kontent pemilik webs, dan pembeli harus memahami adanya jasa pemasngan konten ini. Sebagai ongkos lelah mengetik ribuan ataupun ratusan kata.

Banyak orang (pembeli webs) kurang memperhatikan ini dan menimbulkan permasalahan antara pemilik dan pembuat web. Ibarat rumah, developer akan membangun rumah sampai selesai dengan susah payah, mengorbankan tenaga pikiran, bahkan biaya internet. Namun untuk isi rumahnya tentu saja tergantung si pemilik rumah.

Maka dari itu harus ada kejelasan tentang pembuatan konten ataupun pemasangan konten, kejelasan ada atau tidaknya biaya jasa ini.

Bicara website kalau saya boleh analogikan dengan Rumah dan isi rumah. Kedua kata ini adalah dua hal yang berbeda. Demikian halnya wbsite. Konten website adalah otoritas sang pemilik website (meskipun pemilik webs menyewa untuk periode tertentu) dan bukanlah otoritas si pembuat website.

Gambarannya seperti ini misal kita membangun website sepatu, disana kita menampilkan produk sepatu Anda beserta harga. Maka Anda perlu kan menampilkan foto-foto produk sepatu milik Anda beserta penjelasannya, Company Profile atau menampilkan profil usaha Anda, menampilkan testimoni dari klien-klien Anda selama ini. Anda juga bisa share artikel tentang sepatu tentunya posting artikel dulu pada website Anda.

Apabila Anda sebagai pemilik website tidak mampu membuat kontent seperti diatas, maka Anda bisa menggunakan layanan penulis untuk menuliskan artikel, company profile, postingkan foto produk. dan lain-lain tentang konten untuk website Anda dengan bahasa dan gaya penulisan yang disesuaikan dengan target pasar usaha Anda.

Misal Anda akan memajang foto pada webs maka Anda perlu menyewa jasa fotografer untuk memotret produk usaha Anda.

Apabila ingin memunculkan menampilkan video pada webs, maka Anda perlu menyewa Video Maker untuk membuat video tentang usaha Anda.

Demikian gamabaranya tentang komponen jasa kontent webs beserta biaya pembuatan content.

Biaya Pengoperasian Website
Mungkin gambarannya seperti ini, kalau kita ini sebagai pemilik toko offline, tentu dari awal Anda sudah membangun toko offlinenya.

Kalau sudah selesai dibangun, maka demi kelancaran bisnis anda maka Anda perlu mengoperasikan toko sendiri. Kalau tidak mampu karena keterbatasan tenaga maka Anda memerlukan orang lain untuk mengoperasikannya.

Tentunya Anda memerlukan karyawan baik untuk penjaga toko, tukang parkir, ataupun yang membantu dalam proses pembuat produk, kan demikian?.

Begitu juga di website yang kita bangun, siapa saja yang harus menghandle sebuah website berita milik Anda, Anda memerlukan sekian orang wartawan, memerlukan penulis berita, memerlukan pemasar atau marketing yang melayani pemasangan iklan, web content administrator yang akan mempublikasikan content di website dan lain sebagainya. Karena website kita kan harus up to date. Hot terus beritanya.

Berbeda ceritanya jika website kita sifatnya statik tidak perlu update yang menampilkan informasi statik dan tidak akan berubah dalam waktu lama, maka seperti ini tidak memerlukan biaya tambahan untuk konten.

Biaya Pemeliharaan Website
Mirip seperti penjenlasan diatas tentang biaya pembuatan Konten, maka pada bagian ini (Pemeliharaan website) juga bagian penting yang sering kurang dipahami ataupun seringkali dilupakan banyak orang.

Pemeliharaan website adalah pekerjaan yang bermanfaat untuk website yang menggunakan Koding Programing opensource CMS seperti WordPress dan Joomla yang banyak digunakan saat ini.

Poin-poin penting tentang pemeliharaan website apa sajakah,

Pemeliharaan Website meliputi

  • backup data,
  • update core engine,
  • update plugin atau module yang digunakan.
  • Dalam perjalanannya website akan membutuhkan modifikasi-modifikasi baik dari sisi desain tampilan ataupun fitur-fitur tambahan sehingga perlu memanggil pihak pengembang untuk memodifikasi website Anda yang tentu saja memerlukan biaya.
  • Berbeda halnya jika website Anda dibangun dengan koding statis, maka untuk website statik tidak begitu membutuhkan pemeliharaan. Karena kebanyakan webs statis itu dibangun hanya menggunakan HTML dan CSS tanpa disertai aplikasi CMS (Content Management System), jadi pemeliharaan tidak begitu penting.

Nah, saya rasa Anda sudah tahu yah, komponen komponen penting biaya website? Dalam perjalanan pengalaman pemilik webs satu dan lainnya tentu akan berbeda.

Silakan share di komentar jika Ada poin penting lainnya, pa saja sih yang memperngaruhi harga website?

Untuk itu sebagai pemilik webs dan pembuat webs harus ada kesamaan persepsi. Karena penting sekali menentukan harga webs yang sudah dibuat oleh pembuat webs.

Kasihan kan jika tenaga, pikiran dan SDM yang dicurahkan untuk webs klien namun dibayar dengan alakadarnya.

Jadi pembeli harus menyesuaikan kebutuhan websnya seperti apa dengan biaya yang sudah ditentukan Pembuat webs. Syukur kalau bisa ditawar 🙂

Semoga bermanfaat

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com